Duduk Terlalu Lama Tingkatkan Risiko Kematian Dini, Benarkah?

By | October 15, 2015

Seperti yang kita tahu, beberapa pekerjaan menuntut seseorang untuk duduk di depan layar komputer minimal selama 8 jam perhari. Tak hanya bekerja, duduk yang terlalu lama ini juga biasa dilakukan banyak orang saat ia berada di depan TV, berada di depan layar gadget untuk main game atau bahkan dilakukan di sekolah saat belajar. Tapi tahukah kamu, tanpa disadari, duduk terlalu lama yang dilakukan setiap hari ini dikatakan mampu meningkatkan risiko kematian 2 hingga 3 kali lebih cepat dari seharusnya.

Dilansir dari laman dailymail.co.uk, duduk yang terlalu bisa memicu beragam penyakit berat seperti jantung dan gagal ginjal. Beberapa peneliti dan ilmuwan menyebutkan jika duduk terlalu lama akan meningkatkan risiko kematian. Untuk itu, setiap orang sangat disarankan untuk tidak duduk terlalu lama saat ia bekerja atau beraktivitas lainnya. Penelitian yang dilakukan di Kanada menyebutkan jika dari 5.000 orang yang diteliti selama lebih dari 16 tahun, lebih dari separuhnya yang menderita beberapa penyakit serius akibat duduk terlalu lama.

Dr Melvyn Hillsdon, seorang peneliti dari University of Exeter mengatakan jika,

“Duduk dalam waktu yang lama akan meningkatkan risiko kematian dini. Dengan duduk terlalu lama, maka tubuh akan kekurangan gerak. Jika tubuh kurang gerak, sistem kekebalan dalam tubuh tak akan bekerja dengan baik dan maksimal. Hal inilah yang membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit berbahaya. Duduk terlalu lama juga akan meningkatkan keberadaan lemak dalam tubuh.”

Sementara itu, De Richard Pulsford dari University of Exeter mengatakan,

“Tak banyak orang yang menyadari bahwa duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko kematian dini. Tapi, temuan kami kali membuktikan bahwa duduk dalam waktu yang lama dan terjadi secara terus-menerus adalah penyebab utama dari risiko kematian ini. Dengan temuan ini, kami berharap bahwa kita semua bisa mengurangi waktu duduk. Kamu harap semua orang bisa lebih sayang dan menjaga kesehatan mereka dengan baik.”

Dalam studi baru yang dipublikasikan dalam International Journal of Epidemilogy menyebutkan bahwa, beberapa penyakit yang mungkin menyerang akibat duduk terlalu lama antara lain adalah penyakit jantung, diabetes, kanker, komplikasi pencernaan, menurunnya fungsi otak, gangguan postur tubuh dan depresi.

Ladies, agar kita semua bisa panjang umur dan selalu sehat, usahakan untuk selalu menjaga pola hidup sehari-hari ya. Selain mengurangi waktu duduk, kita juga perlu makan-makanan yang bergizi, menghindari segala makanan juga minuman yang mengandung alkohol, melakukan olahraga yang cukup, istirahat cukup, minum air putih cukup dan berusaha selalu tenang dan bahagia. Semoga informasi ini bermanfaat. Meski begitu, kita tetap harus yakin bahwa usia adalah misteri dari Tuhan yang kita tak pernah tahu akan hal itu.

Itulah informasi yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat 🙂

Posted by : jualjellygamatasli.web.id