Kandungan Teripang Untuk Berbagai Penyakit

By | August 24, 2015

Perlu Anda Ketahui ?? Sea Cucumber dapat digunakan untuk mengobati diabetes, penyakit jantung dan penyakit serius lainnya

Teripang EMasYa, hewan yang dikenal sebagai Sea Pickles juga baik untuk dimakan tapi mengejutkan ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Penelitian yang dilakukan di beberapa universitas di Malaysia selama beberapa tahun menunjukkan bahwa teripang dapat beredar dengan baik darah, melancarkan fungsi ginjal, semakin meningkat tingkat metabolisme, menyembuhkan nyeri sendi, antiseptik luka, diabetes, hipertensi, mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah, gangguan pencernaan, masalah pernapasan, anemia dan bahkan dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung.

Penggunaan teripang sebagai antiseptik tradisional dan obat serbaguna untuk berbagai penyakit sudah dikenal sejak 500 tahun yang lalu oleh pulau Langkawi masyarakat, Malaysia. Mentimun biasanya diminum dengan air oleh ibu yang melahirkan untuk menghentikan pendarahan, atau juga untuk mempercepat proses penyembuhan luka dari anak-anak mereka yang berada di luar sunat.

Berdasarkan penelitian para ilmuwan, teripang dianggap memiliki kandungan Cell Growth Factor. Oleh karena itu, mampu merangsang regenerasi sel dan jaringan yang telah rusak, busuk dan bahkan sakit, sehingga dapat kembali normal, misalnya dalam kasus diabetes mellitus. Selain minum teripang, juga dapat diterapkan pada luka yang sudah membusuk, bahkan yang nyaris diamputasi. Hal ini menunjukkan bahwa kandungan yang ada dalam mentimun mampu bekerja dengan baik sehingga luka dapat sembuh dengan cepat. Kandungan protein yang tinggi dalam mentimun yang mencapai 86% baik untuk diberikan kepada penderita diabetes. Memainkan protein tinggi meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya adalah peningkatan produksi insulin.

Tentang manfaatnya untuk menyembuhkan penyakit jantung yang disajikan oleh para peneliti, hal ini diklaim bahwa asam docosahexanat (DHA) dari teripang bisa menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Ini telah dibuktikan ketika memeriksa asam lemak Stichopus chloronotus teripang, teripang memiliki DHA konten yang relatif tinggi, yaitu 3,69%.

Selanjutnya, teripang dapat meningkatkan kekebalan, mengurangi rasa sakit dan gatal pada permukaan kulit, menurunkan gula darah, menurunkan kolesterol, tersingkir racun di hati, menurunkan tekanan darah, menjaga sirkulasi darah, menyembuhkan bisul, dan menyembuhkan asma kronis. Selain itu, teripang juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan dan bahan penyembuhan luka bagi ibu setelah melahirkan, karena protein dan kolagen yang tinggi.

Ketimun yang kita anggap biasa-biasa saja dan tidak menarik memang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan takut untuk melihat penampilan dan jangan ragu untuk makan meskipun menurut beberapa orang itu tidak terdaftar sebagai makanan lezat. Jadi, good luck dengan mendapatkan sehat dan tetap semangat Semoga Bermanfaat & Selamat Mencoba 😀